Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Gejala Gula Darah Tinggi, Sepele Tapi Bahaya


7 Gejala Gula Darah Tinggi, Sepele tapi Bahaya

Halo semuanya kali ini kita membahas tentang gejala gula darah tinggi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki gula darah tinggi adalah dengan menjalani tes laboratorium, pada darah atau urin.
Namun, terkadang karena malas, tidak ada waktu atau takut ke lab. Akhirnya, anda tidak peka terhadap kesehatan Anda. Nah, kali ini kita ingin berbagi ilmu tentang 7 tanda gula darah tinggi.

1.Kelelahan
Kelelahan terjadi setelah sarapan, makan siang, atau makan malam.Walaupun sudah cukup istirahat tetapi masih merasa lelah dan ngantuk, ingin tidur seharian. Apalagi setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula.
Contohnya nasi, mie, roti yg dikonsumsi secara berlebihan.Anda pasti akan langsung merasa mengantuk dan ingin tidur. Jika kelelahan terus berlanjut itu adalah tanda gula darah tinggi atau diabetes dalam tubuh.

2. Sering buang air kecil
Sering buang air kecil disebabkan oleh kelebihan gula darah di dalam tubuh. Sehingga tubuh menyaring cairan lewat Ginjal, demikian ginjal akan melakukan upaya ekstra untuk membuang kelebihan gula dalam tubuh melalui urine.Hal tersebut akan meningkat menjadi sering buang air kecil lebih dari biasanya.
Jika anda biasanya buang air kecil hanya lima hingga tujuh kali sehari.ketika menderita diabetes atau gula darah tinggi anda bisa buang air kecil 10 hingga 20 kali sehari.Sehingga mengganggu tidur anda di malam hari karena sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

3. Sering haus
Sering buang air kecil memiliki efek samping berupa sering haus.Karena tubuh kekurangan cairan dan pada akhirnya tubuh merasakan dorongan untuk terus menerus minum.Meskipun biasa minum air putih 2 liter sehari merasa kurang karena ekskresi air terus berlanjut melalui urine akibat kenaikan gula darah menyebabkan anda akan merasa haus terus.

4.Sakit kepala
Dehidrasi menyebabkan sakit kepala yang tidak nyaman bagi tubuh.Kombinasi antara sakit kepala, sering haus, dan sering buang air kecil bisa jadi tandanya anda menderita gula darah tinggi.

5.Penurunan berat badan tanpa diet
Ini adalah tanda yang harus diperhatikan, karena penderita gula darah tinggi dan tubuhnya mengalami gangguan produksi insulin sudah rusak, akhirnya tubuh tidak bisa menyerap gula darah untuk dijadikan sumber tenaga ataupun lemak.Sehingga gula darah tinggi akan disaring oleh ginjal dan langsung diekskresikan melalui urine.
Ketika dikeluarkan melalui urin dan tidak diserap oleh tubuh justru membuat berat badan akan turun terus menerus walaupun tanpa berolahraga.Jadi biasanya orang dengan gula darah tinggi biasanya awalnya gemuk karena mereka sering makan dan minum yang manis-manis.

6.Penglihatan kabur
Kelebihan gula pada darah bisa merusak banyak sistem, terutama di area mata. Karena mata memiliki pembuluh darah dan saraf yang sangat kecil dan sangat sensitif, apalagi jika gula darah menumpuk di lensa mata, membuat penglihatan kabur dari biasanya.Jika mata disertai dengan rasa tegang atau perasaan tertekan yang hebat bisa jadi itu pertanda anda mengidap diabetes

7.Infeksi berulang
Kelebihan gula darah dalam tubuh akan mengurangi imunitas atau daya tahan tubuh dan biasanya akan terjadi infeksi kambuh di beberapa area tubuh.Misalnya di area kemaluan wanita, hingga bisa menyebabkan keputihan, jamur, gatel serta tidak nyaman saat pipis, itu bisa menjadi gejala sakit diabetes.

Apabila teman - teman sudah merasakan 7 gejala diatas lebih baik ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut, terimakasih sudah membaca artikel semoga kita semua bisa menjaga kesehatan kita masing - masing, aamiin.

Posting Komentar untuk "7 Gejala Gula Darah Tinggi, Sepele Tapi Bahaya"