Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan Antara Liburan Ke Gunung atau Ke Pantai



Pertimbangan Antara Liburan Ke Gunung atau Ke Pantai

Ada yang berpendapat bahwa liburan ke gunung dan merasakan udara sejuk sangat mengasyikkan. Namun, tidak sedikit juga yang lebih menyukai pantai. Tidak perlu bingung mana yang terbaik, berikut adalah pertimbangan antara liburan kegunung atau ke pantai yang bisa jadi pertimbangan.

Pantai

Beruntungnya Anda tinggal di Indonesia yang punya banyak pantai indah dan beraneka ragam warna pasir, ombak besar sampai tenang, dan aneka kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau pasangan.

Sebagai pertimbangan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan liburan ke pantai yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut: 

  • Ada Banyak Pilihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia memiliki banyak pilihan pantai, bahkan dalam satu kota, Anda bisa temukan lebih dari 2 pantai. Sebut saja seperti di Bali yang ada Pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Mendapatkan Vitamin D

Vitamin D dari pantai termasuk yang paling baik dan bisa mengisi 90% dosis harian yang diperlukan oleh tubuh. Anda yang liburan di pantai bisa memanfaatkan waktu berjemur antara jam 8 sampai 10 pagi untuk mendapatkan sinar matahari yang berkualitas.

  • Pasir Pantai Yang Mengangkat Sel Kulit Mati

Main pasir pantai memang menyenangkan, terlebih bagi anak-anak yang memiliki imajinasi besar. Namun dibalik itu, pasir pantai bisa membantu mengangkat sel kulit mati di badan karena saat bersentuhan, pasir pantai yang bertekstur lembut itu membantu mengelupaskan sel kulit matinya.

  • Waktu yang Terbatas

Dikatakan bahwa liburan di pantai memiliki waktu yang terbatas karena main ke pantai lebih dari jam 10 pagi saja, rasanya sudah sangat panas. Pasir pantai pun tidak lagi nyaman diinjak setelahnya.

  •  Perlu Banyak Persiapan

Meskipun ada beberapa pertimbangan antara liburan ke gunung atau ke pantai, keduanya sama-sama membutuhkan persiapan. Namun jika ke pantai, ada setidaknya Anda tidak boleh lupa membawa sunscreen untuk melindungi tubuh dan wajah. Apalagi, tidak semua orang menyukai sunscreen. 

Gunung

Gunung adalah tempat yang tepat bagi Anda yang membutuhkan ketenangan serta menepi sejenak dari ramainya kota. Melihat pemandangan serba hijau dengan hawa sejuk, pasti membuat betah.  Supaya adil, berikut adalah kelebihan dan kekurangan liburan di gunung yang perlu Anda tahu.

  •  Memiliki Udara yang Segar

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan pasti sesak setiap hari mencium asap dan debu dari kendaraan bermotor. Makanya, jika pergi ke gunung, Anda akan mendapatkan udara yang bersih dan segar.

Ini bahkan tetap berlaku sekalipun sudah masuk jam siang.  Apalagi jika bangun pagi, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan kabut yang jarang ada di kota.

  •   Menyatu dengan Alam

Di gunung, Anda bisa melepas sepatu atau sandal dan membiarkan kaki bersentuhan langsung dengan rumput dan tanah yang tidak akan melukai kaki. Anda juga bisa memetik buah langsung dari pohon dan menikmatinya.

  •    Membuat Pikiran Lebih Tenang

Melihat pemandangan yang luas dan banyak pohon-pohon akan menyegarkan mata Anda. Ini juga baik untuk kesehatan mental. Yang Anda temui adalah suara jangkrik, burung, dan bisikan masyarakat lokal yang akan membantu menenangkan hati dan pikiran.

  •   Jalan yang Sulit Dilalui

Untuk Anda yang tidak suka ketinggian, berlibur di pantai sepertinya bukan rencana yang tepat. Apalagi Anda harus melewati banyak jalan berkelok dan menurun yang menyulitkan. Tidak semua orang bisa dengan mudah menuju gunung.

  •    Terasa Membosankan

Nah, awalnya mungkin terasa menyenangkan bisa menikmati suasana gunung yang tenang. Namun, jika Anda terbiasa dengan kehidupan yang ramai, kegiatan yang beragam, atau fasilitas kota yang seolah tak terbatas, maka liburan di gunung akan terasa membosankan. 




 

Posting Komentar untuk "Pertimbangan Antara Liburan Ke Gunung atau Ke Pantai"