Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 KIAT MENJADI WIRAUSAHA

11 KIAT MENJADI WIRAUSAHA


Wirausaha adalah orang yang cerdas dan berbakat dalam mengenali produk - produk yang bermanfaat bagi masyarakat, menentukan cara produksi, Menyiapkan operasi (tindakan) untuk pengadaan produk baru, memasarkan, dan mengatur permodalan.

Singkatnya, wirausaha adalah orang yang mandiri dalam mengelola seluruh hal-hal yang berkaitan dengan produksi dan penjualan suatu barang yang dibutuhkan untuk masyarakat. Untuk memulai usaha mandiri bukanlah hal yang mudah, tetapi membutuhkan semangat  yang tinggi dan kiat-kiat untuk bertahan dan meraih kesuksesan. Adapun kiat-kiatnya antara lain :

1. Percaya diri

Seseorang yang akan memulai usaha harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga dalam usaha apapun yang direncanakan akan dijalankan tidak setengah-setengah, dan yakin bahwa usaha tersebut akan berhasil.

2. Optimis

Optimis adalah keyakinan diri bahwa kita akan berhasil. Seseorang yang memulai usaha harus optimis dengan jenis barang yang akan dijualnya. Yakin bahwa barang tersebut dibutuhkan masyarakat dan bisa banyak terjual hingga mendapatkan banyak keuntungan.

3. Berani mencoba

Bila kita sudah optimis, maka harus langsung berani terjun di bisnis itu, karena seorang wirausahawan harus berani dan siap menanggung resiko kegagalan. Kegagalan adalah hal yang lumrah dalam suatu usaha. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha harus direncanakan dengan benar, mulai dari permodalan, produksi, untung-ruginya, jangkauan dan cara memasarkannya.

4. Berani bermimpi

Seseorang yang mau memulai usaha harus berani mempunyai mimpi bila usahanya sukses dan berhasil. Hal ini merupakan semangat yang kuat untuk mulainya suatu usaha.

5. Kreatif

Sebelum memulai usaha, sebaiknya kita melihat produk saingan kita yang mungkin sudah ada di pasaran untuk bisa melihat kekurangnya dapat kita amati apa saja kekuranganya. kekurangnya inilah yang harusnya bisa kita perbaiki dengan kreativitas kita, sehingga produk yang kita tawarkan meskipun serupa tetapi memiliki sesuatu kelebihan yang dia tak punya. Sebagai contoh, telur asin sudah biasa di pasaran, tetapi kalau kita kreatif dapat kita tambahkan dengan rasa bawang pada telur asin tersebut, sehingga diperoleh telur asin rasa bawang.

6. Pandai melihat peluang

Seseorang yang ingin berwirausaha harus pandai melihat peluang, sehingga mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan pada saat itu. Bila orang kaya bernegosiasi dengan main golf, maka sebagai wirausaha baru kita bernegosiasi melalui even-even kecil, misalnya arisan, di sekolah ketika menunggu anak pulang dan dilingkungan rumah maupun  lingkungan kerja kita.Melalui orang per orang lama-lama produk kita akan dikenal, dan bila produk kita memang memiliki kelebihan, mereka akan kembali lagi untuk membelinya.

7. Tidak malu

Malu adalah salah satu sifat yang bisa menghambat ketika kita akan berwirausaha. Hilangkan rasa malu, karena usaha yang kita lakukan adalah pekerjaan halal dan tidak mengganggu kepentingan orang lain. Ketika usaha kita yang baru mulai berdiri, tentunya semua pekerjaan sampai pemasaran kita sendiri yang melakukannya. Hal ini bukan sesuatu yang aneh atau memalukan. Bukankah banyak  pengusaha yang berawal dari keadaan yang seperti itu, memulai usahanya dengan susah payah dari bawah.

8. Berani beda

Hal ini perlu kita jalani agar produk kita bisa laku di pasaran. Berbeda yang dimaksud misalnya, beda rasa, beda kemasan, beda harga, beda cara pemasaran, beda pelayanan, beda pelayanan. Sesuatu yang berbeda sangat mudah untuk di kenang oleh pembeli.

9. Jujur

Merupakan modal sangat penting karena dalam wirausaha kita berhubungan dengan orang banyak. Kejujuran akan bisa membawa pada kepercayaan konsumen kita. Hal apapun yang berkaitan dengan produk kita, harus dinyatakan secara jujur dan terbuka.Bukankah sepandai-pandai membungkus yang busuk akan berbau juga. 

10. Menepati janji

Wirausaha akan bisa berhasil tergantung pada jaringan pemasaran yang kita bina. Konsumen tidak akan lari dari kita ketika semua yang dijanjikan dari produk kita bisa dipenuhi.

11.Ramah

kita perlu mempunyai sifat yang ramah kesetiap konsumen kita, karena konsumen akan suka jika dilayani dengan penuh senyuman dan kita ramah.Bandingkan jika kita tidak ramah dan muka kita tidak murah senyum, kemungkinan besar konsumen tidak kembali lagi ke kita.

Selain sebelas kiat di atas, maka dalam mengembangkan kewirausahaan kita harus memiliki konsep  yang jelas, mau dibawa kemana jenis wirausaha kita, apakah mau dipertahankan dalam bentuk home industri atau mengarah pada usaha yang lebih besar. Konsep diri ini penting karena merupakan motivasi untuk pengembangan suatu usaha. Selain itu bila kita ingin menjadi wirausaha yang berhasil, harus tahan banting dan siap menghadapi kegagalan untuk lebih bisa maju dan memperbaiki diri.

Bila kita ingin berwirausaha, jangan takut untuk memulai. Tentukan jenis produk, siapkan modal, rencanakan dengan baik dan segera mulai. Langkah awal memang terasa berat, terutama dalam menarik pelanggan konsumen, tetapi setelah berjalan dan jalannya mulus terbentang di depan kita.Semoga usaha apapun yang kita kerjakan bisa berhasil kemudian         

 

Posting Komentar untuk "11 KIAT MENJADI WIRAUSAHA"