Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati! Ini Ciri-ciri WhatsApp-mu Dibajak Orang lain

 

Hati-hati! Ini Ciri-ciri WhatsApp-mu Dibajak Orang lain

Terjadinya pembajakan terhadap akun WhatsApp terus terjadi sampai saat ini. Padahal, aplikasi yang kerap disebut WA tersebut sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berupa enkripsi end-to-end. Sistem tersebut berfungsi untuk mencegah orang lain mengakses data akun pemiliknya. Artinya, hanya pemilik akun saja yang bisa mengakses data tersebut. Meskipun demikian, rupanya pembajakan akun WhatsApp tetap saja terjadi. Lantas, bagaimana ciri-ciri WhatsApp sedang dibajak orang lain?

 

Lima Ciri WhatsApp-mu Sedang Dibajak Orang Lain

Saat ini, WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang populer di seluruh dunia. Sudah miliaran orang yang telah mempercayai WhatsApp sebagai media bertukar pesan dengan orang lain. Sayangnya, kerap kali masih terjadi pembajakan akun WhatsApp oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pembajakan tersebut sering kali menimbulkan kerugian material maupun nonmaterial bagi pemilik akun. Menyikapi hal tersebut, sudah sepatutnya kamu mengetahui apa saja ciri-ciri WhatsApp sedang dibajak orang lain.


1.     Keluar dari Akun WhatsApp Secara Tiba-tiba

Ciri pertama ini pasti akan membuat kamu terkejut karena mendapati akun tiba-tiba keluar. Padahal, kamu tidak pernah logout dari WhatsApp sebelumnya. Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin ada orang lain yang login ke akunmu. Pasalnya, satu akun WhatsApp tidak dapat diakses secara bersamaan dalam dua perangkat. Keluarnya akun WhatsApp secara tiba-tiba ini biasanya juga diawali dengan adanya pesan masuk berupa kode OTP. Kemungkinan besar si pembajak telah mengkloning nomor telepon yang kamu pakai.

 

2.     Ada Perangkat Tidak Dikenal yang Terhubung ke WhatsApp Web

Kamu wajib curiga kalau tiba-tiba ada perangkat lain yang terhubung ke WhatsApp Web. Jika hal itu terjadi, segera mengecek di menu “Perangkat Tertaut” untuk mengetahui perangkat apa yang terhubung. Kalau yang terhubung bukan perangkat yang kamu miliki, hal itu menandakan sedang ada orang lain yang membuka WhatsApp-mu di perangkat lain. Jika kamu menemui hal tersebut, sebaiknya kamu langsung menutup aksesnya atau menekan opsi keluar.

 

3.     Terdapat Pesan Terkirim yang Tidak Kamu Ketahui

Jika secara tiba-tiba ada pesan terkirim ke orang lain tanpa sepengetahuan kamu, bisa jadi WhatsApp-mu telah dibajak orang lain. Namun, kamu perlu memastikan terlebih dahulu, apakah ada orang lain yang baru saja meminjam ponselmu. Tidak menutup kemungkinan keluarga atau temanmu yang mengirim pesan tersebut. Jika tidak seorang pun meminjam ponselmu, maka dipastikan akunmu mengalami pembajakan.

 

4.     Terdapat Pesan Terbaca Tanpa Diketahui

Jika pada poin ketiga terdapat pesan terkirim tanpa diketahui, pada poin keempat ini terdapat pesan masuk yang terbaca tanpa diketahui. Maksudnya, ada pesan masuk yang tiba-tiba terbaca, padahal kamu tidak pernah membukanya sebelumnya. Terlebih jika hal tersebut terjadi berulang kali, maka kemungkinan ada orang yang sedang membajak akun WhatsApp milikmu.

 

5.     Ditemukan Aplikasi yang Tidak Dikenal

Terpasangnya aplikasi tidak dikenal pada ponselmu perlu dicurigai. Bisa jadi melalui aplikasi tersebutlah si pelaku melakukan pembajakan atau penyadapan pada WhatsApp milikmu. Oleh karena itu, kalau tiba-tiba ada aplikasi asing yang terpasang, segera mencari informasi seputar aplikasi tersebut. Jika benar aplikasi tersebut merupakan alat penyadap, maka segera lakukan uninstall.


Setidaknya lima hal tersebut yang menjadi ciri-ciri WhatsApp sedang dibajak orang lain. Untuk mengantisipasi terjadinya pembajakan, sebaiknya kamu tidak meminjamkan ponselmu ke orang lain tanpa pengawasan langsung darimu. Kamu juga disarankan untuk tidak memberitahukan kode QR akun milikmu kepada orang lain.


Posting Komentar untuk "Hati-hati! Ini Ciri-ciri WhatsApp-mu Dibajak Orang lain"