Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERAN IBU DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT

PERAN IBU DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT

 

Ibu adalah sosok perempuan tangguh yang wajib kita hormati. Bukan hanya di tanggal 22 Desember untuk kita peringati sebagai hari ibu, namun setiap hari dan setiap saat kita harus menyayangi ibu kita. Peran Ibu dalam keluarga sangat penting juga kepada masyarakat.

Nah, pada ulasan artikel kali ini kita akan membahas betapa pentingnya memaknai peran seorang ibu terhadap keluarga dan juga bagi masyarakat. 

Tentunya, seorang ibu adalah perempuan paling berjasa dalam membina, mengajari dan masih banyak hal lagi. Seorang ibu telah banyak berkorban bagi anak – anaknya. Lalu, apa peran ibu saat ini? Lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

MEMAKNAI PERAN SEORANG IBU DALAM KELUARGA

Ibu adalah sosok perempuan yang memiliki peran penting. Dalam keluarga, ibu dapat melakukan banyak hal dan juga aktivitas demi memenuhi kebutuhan keluarganya. 

Bisa dikatakan, bahwa ibu adalah wonder woman yang sapat melaksanakan banyak hal. Tapa mengeluh, dengan ikhlas dan penuh sabar.

Apa saja peran penting seorang ibu dalam keluarga?

Ibu adalah seorang pendidik

Dalam keluarga, ibu adalah seorang guru yang mengajari putra – putrinya dalam belajar berbagai hal. Didikan yang didapat dari seorang ibu dapat membentuk sebuah karakter pada seorang anak. Maka dari itu, didikan ibu kepada anaknya dalam keluarga adalah hal yang sangat penting.

Ibu selalu mendidik anaknya agar dapat bersikap sopan dan santun, mendidik anaknya agar dapat melakukan segala hal dengan mandiri, menjadikan anak tumbuh dengan karakter yang baik.

Peran Ibu dalam Keluarga sebagai manager keluarga

Pada keluarga, ibulah yang mengatur segala kebutuhan dalam keluarga. Mulai dari merencanakan sesuatu, menyelesaikan permasalahan, mengoperasikan keuangan dengan baik, dan banyak hal lagi yang ibu handle seorang diri.

Ibu dapat mengatur keluarganya agar hidup dengan stabil, tanpa kekacauan yang akan timbul jika dibiarkan.

Ibu adalah seorang Psikolog

Dalam berbagai hal, ibu pada dasarnya dapat berperan sebagai psikolog dalam keluarga. Ibu memeluk anak – anaknya jika terdapat masalah, menenangkannya dengan kalimat – kalimat yang menyejukkan, selalu memperhatikan kesehatan mereka dan lain sebagainya.

Peran Ibu dalam Keluarga sebagai seorang koki

Seorang ibu adalah master koki di rumahnya. Setiap hari selalu masak dengan menu yang berbeda. Membuat keluarganya makan dengan kenyang dan merasa nikmat. 

Ibu juga memastikan bahwa keluarganya tidak akan kelaparan, sehingga ia menyiapkan segala hal dan berbagai macam makanan yang siap untuk dihidangkan.

Makanan yang dibuat oleh tangan ibu memiliki cita rasa yang tersendiri. Yang akan selalu membekas dalam ingatan dan yang akan selalu membawa keluarga itu untuk pulang demi menikmati masakan seorang ibu.

Ibu adalah seorang panutan dan pelindung

Ibu adalah sosok perempuan kuat dan tegar. Sehingga layak untuk dijadikan panutan. Ibu mendidik anak – anaknya, memberikan anaknya nilai – nilai kemanusiaan, keagamaan dan nilai – nilai kebaikan lainnnya.

Ibu juga jadi sosok pelindung bagi keluarganya. Ia akan selalu memeluk dan mengarahkan keluarganya pada jalan yang benar.

MEMAKNAI PERAN IBU DALAM MASYARAKAT

Selain dalam keluarga, peran ibu dalam masyarakat juga sangatlah penting. Banyak aktivitas yang dilakukan oleh seorang ibu di dalam masyarakat. Apa saja persanan tersebut, lebih jelasnya mari kita simak ulasan artikel berikut ini.

Tidak hanya dalam keluarga, peran ibu juga sangatlah berpengaruh dalam masyarakat. Seorang ibu dalam masyarakat untuk menumbuhkan sikap kepedulian. Kemudian sebagai contoh dan pendidik yang baik. Mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan lain sebagainya.

Ibu dapat berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan PKK yang memiliki peranan penting dalam masyarakat. Dalam PKK, ibu akan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat, memberikan sebuah contoh sebagai tauladan dan panutan. 

Dan sebagai pembuktian bahwa seorang ibu adalah sosok yang pemberani dan berjiwa besar.Di atas merupakan sebuah ulasan artikel mengenai sosok peran ibu dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Untuk itu, kita wajib menghormati seorang ibu. Semoga ulasan artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "PERAN IBU DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT"