Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips dan Trik bagi Ibu Rumah Tangga dalam Mengatur Keuangan

 

5 Tips dan Trik bagi Ibu Rumah Tangga dalam Mengatur Keuangan

Seorang wanita lebih jeli dalam mengatur keuangan. Ibu rumah tangga yang merupakan seorang wanita dan sering ambil andil dalam tanggung jawab ini. Penghasilan dalam rumah tangga baik besar maupun kecil tetap harus diatur agar tercukupi dan ada sisa untuk menabung. Berikut ini Edukasi Inspirasi akan beri trik dan tips dalam mengatur keuangan.

1.         Buat Daftar Kebutuhan

Daftar kebutuhan adalah hal terpenting dalam mengatur keuangan anda. Buatlah daftar kebutuhan sesuai dengan penghasilan anda. Ketika anda membuat daftar ini, anda akan mengetahui prioritas kebutuhan keluarga anda. Sehingga dapat menyisihkan uang untuk keperluan lainnya.

Langkah ini akan membuat anda dapat mengetahui secara rinci alokasi dana yang dibutuhkan dan memantau pengeluaran anda. Mulailah dengan kebutuhan primer lalu kebutuhan sekuder. Daftar ini juga bisa digunakan untuk acuan bulan berikutnya agar tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

2.         Tentukan Anggaran Per Harinya

Ibu rumah tangga harus menentukan anggaran per harinya agar bisa tercukupi dalam sebulan. Kebutuhan dan rincian keuangan dibagi menjadi kebutuhan per hari. Kegiatan ini dilakukan agar bisa menunjukkan mana yang harus diutamakan terlebih dahulu dalam keseharian. 

Skala prioritas akan tercipta bila anda telah membuat daftar kebutuhan dan anggaran per harinya. Misalkan anda dapat memangkas biaya yang tidak perlu dengan membuat kopi di rumah, tidak membeli kopi di kedai kopi yang lebih mahal. Ketika semua penghematan sudah dilakukan maka perekonomian anda akan stabil seiring berjalannya waktu. Jangan lupakan juga untuk menentukan anggaran agenda refreshing agar pikiran anda dan keluarga menjadi segar kembali.

3.         Belanjalah secara bersamaan

Membeli produk makanan atau bahan makanan lebih banyak akan lebih murah. Terlebih ketika anda membeli di pasar atau supermarket dengan sistem grosir. Tidak ada salahnya dalam membeli kebutuhan mengajak rekan atau saudara agar bisa membeli dengan kuantitas lebih dan menjadi lebih murah. 

Jangan lupa membaca tanggal kadaluwarsa barang yang bisa dibeli dengan harga grosir, karena terkadang barang grosir sudah mendekati masa kadaluwarsa. Belanja ketika ada diskon besar juga bisa dilakukan, namun tetap harus sesuai skala prioritas kebutuhan anda.

4.    Sisihkan untuk Dana Darurat

Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk dana darurat. Dana darurat adalah dana yang digunakan untuk kebutuhan yang sifarnya mendadak, seperti anak sakit, suami sakit, membantu keluarga besar yang mengalami bencana, kerusakan pada rumah, dan sebagainya. Taruh dana ini pada rekening yang terpisah dari dana oprasional rumah tangga. Hal ini lebih penting ketika anda sudah mempunyai anak. 

Anak usia dini hingga tumbuh dewasa pasti memerlukan dana ini jika ada keperluan sekolah atau keperluan anak itu sendiri. Lebih baik hindarkan keluarga dari berutang. Jika memiliki utang sebaiknya sisihkan lagi di luar dana oprasional dan dana darurat.

5.         Anggarkan Dana untuk Asuransi, Menabung, dan Investasi

Biasanya banyak yang memikirkan ini sulit, namun kegiatan ini bisa digunakan untuk menggantikan dana darurat anda dan tekesan lebih irit. Asuransi akan menanggung beban anda dikala sakit atau melanjutkan pendidikan. Menabung akan membantu anda dalam kondisi terburuk, seperti awal pandemi kemarin. 

Dana dari tabungan sangat penting, apalagi jika anda menjalankan sebuah usaha atau untuk kebutuhan investasi anda. Siasat dalam pengelolaan keuangan anda bisa berupa 20 persen untuk asuransi 20 persen untuk menabung dan sisakan untuk investasi. Kegiatan ini akan sangat berguna agar tetap berjalan walau kondisi terburuk.


Posting Komentar untuk "5 Tips dan Trik bagi Ibu Rumah Tangga dalam Mengatur Keuangan"