Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bitcoin Adalah Mata Uang Crypto Menarik Dan Ini Info Seputarnya

Bitcoin Adalah Mata Uang Crypto Menarik Dan Ini Info Seputarnya

Crypto merupakan mata uang yang dipakai untuk melakukan transaksi secara online, atau bisa juga disebut dengan mata uang virtual. Bitcoin adalah salah satu mata uang crypto yang sering digunakan untuk melakukan transaksi.

Mata uang ini juga bisa digunakan sebagai investasi, dan menawarkan hasil yang cukup menjanjikan. Ini membuat mata uang tersebut cukup populer. Berikut ulasan mengenai bitcoin dan cara kerjanya.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang elektronik yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi di dunia online. Mata uang ini belum diketahui secara pasti siapa penciptanya, namun informasi yang beredar menyebutkan jika Satsohi Nakamoto pada tahun 2009 adalah orang yang pertama kali membuatnya.

Nama tersebut bukan merupakan identitas asli atau merupakan nama samaran, dan hal tersebut belum terbukti kebenarannya. Mata uang ini juga tidak menggunakan perantara seperti bank, untuk melakukan penyimpanan maupun transaksi.

Jadi, semua dikelola oleh pemilik akun bitcoin, yang disebut dengan sistem P2P atau peer to peer. Identitas pemilik akun bitcoin adalah rahasia, atau anonym. Tempat penyimpanan uang ini disimpan langsung oleh pengelola akun dalam file wallet atau disediakan oleh pihak ketiga.

Cara Memperoleh Bitcoin

Bitcoin adalah uang digital dan untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan cara ‘menambang’ atau mining. Proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer yang dihubungkan dengan internet, yang harus memiliki spek khusus serta bagus, agar proses penambangan berjalan dengan lancar.

Cara lain untuk mendapatkan bitcoin bisa dilakukan dengan proses perdagangan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menjadi platform marketplace untuk bitcoin. Harga bitcoin ini cukup fantastis, yaitu sekitar Rp 115 juta untuk 1 bitcoin.

Kelebihan Bitcoin

Bitcoin, tidak hanya menjadi mata uang digital namun juga bisa digunakan sebagai investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini membuat bitcoin terus meningkat penggunanya di setiap tahun. Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh bitcoin antara lain sebagai berikut.

·         Bisa Melakukan Transaksi dengan Aman

Transaksi menggunakan bitcoin sangat terjamin kemanannya, sebab transaksi ini tidak perlu menunjukkan nomer kartu kredit, atm, dan sebagainya. Nomor-nomor tersebut yang biasanya disalah gunakan oleh pelaku kejahatan, tidak lagi harus digunakan dalam transaksi menggunakan bitcoin.

Transaksi menggunakan bitcoin juga mudah dilakukan, sebab bisa dimanapun dan prosesnya praktis. Biaya melakukan transaksi juga cukup murah.

·         Mempunyai Potensi untuk Berkembang

Potensi bitcoin untuk terus berkembang cukup menjanjikan, terlebih lagi mata uang ini semakin populer dari hari ke hari. Jika pengguna bitcoin semakin banyak, maka nilai mata uang ini akan semakin bertambah.

·         Tidak Dipengaruhi Sistem Perbankan

Sistem peer to peer membuat bitcoin tidak membutuhkan bank sebagai perantara. Hal ini membuat sistem perbankan tidak akan mempengaruhi bitcoin, terutama jika terjadi krisis atau resesi.

Kekurangan Bitcoin

Bitcoin juga memiliki beberapa kekurangan, yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan investasi dengan mata uang ini. Kekurangan tersebut antara lain sebagai berikut.

·         Harga Bitcoin Tidak Stabil

Bitcoin mempunyai harga yang tidak terlalu stabil, sebab harganya bisa melejit dalam sekejap dan juga bisa turun dalam waktu yang cukup cepat. Naik turun harga bitcoin ini dipengaruhi oleh kondisi pasar.

·         Penggunanya Belum Terlalu Banyak

Bitcoin adalah mata uang yang masih baru, karena itu bitcoin belum cukup populer. Mata uang ini hanya bisa digunakan untuk transaksi secara terbatas, dan tidak bisa dipakai dalam jumlah yang cukup banyak.

·         Tidak Mendapatkan Perlindngan SIPC

Investor sekuritas, biasanya mendapatkan jaminan perlindungan dari SIPC. Sayangnya, para pengguna bitcoin tidak mendapatkan perlindungan dari perusahaan ini.

·         Resiko untuk Diretas Cukup Besar

Teknologi yang digunakan oleh bitcoin adalah blockchain, yang disebut cukup aman dari peretasan. Akan tetapi, kasus penipuan dan peretasan pada bitcoin cukup banyak ditemukan.


 

Posting Komentar untuk "Bitcoin Adalah Mata Uang Crypto Menarik Dan Ini Info Seputarnya"