Cara Ampuh Melindungi WhatsApp Supaya Tidak Disadap

 

Cara Ampuh Melindungi WhatsApp Supaya Tidak Disadap

Sebagai salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, tidak sedikit oknum yang ingin menyadap para pengguna WhatsApp. Penyadapan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tentu membahayakan data para pengguna. Privasi dan berkas-berkas penting yang kita miliki di WhatsApp berisiko diketahui oleh orang lain. Selain itu, kita juga tidak bisa mengakses akun WhatsApp lagi, kecuali dengan nomor baru. Dengan risiko demikian, kita perlu mengamankan WhatsApp kita sebelum terlambat. Simak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui cara melindungi WhatsApp supaya tidak disadap.

 

Cara Melindungi WhatsApp Supaya Tidak Disadap

Setidaknya ada empat cara melindungi WhatsApp supaya tidak disadap sebagai berikut.


1.       Cek WhatsApp Web

Kita tentu sudah tahu bahwa WhatsApp memiliki fitur WhatsApp Web. Fitur tersebut biasa digunakan untuk menghubungkan WhatsApp di gawai ke laptop/PC. Saat WhatsApp kita terhubung dengan perangkat lain, maka akan muncul notifikasi di bagian WhatsApp Web. Namun, jika ditemukan perangkat lain yang terhubung dengan akun kita, segera keluarkan perangkat tersebut. Caranya adalah dengan membuka “WhatsApp Web” di titik tiga pojok kanan atas. Ketuk perangkat yang terhubung, lalu klik “keluar”.


2.       Lakukan Verifikasi Dua Langkah

Cara kedua ini dapat kita lakukan untuk membuat kode berupa enam angka. Kode tersebut akan diminta ketika kita login ke WhatsApp dengan perangkat baru. Cara ini berfungsi untuk mencegah orang lain masuk ke akun kita. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, caranya adalah dengan klik “Setelan” di titik tiga pojok kanan atas. Pilih “Akun”, lalu pilih “Verifikasi dua langkah”. Klik “Aktifkan”, kemudian ketikkan enam kode rahasia dan email aktif.


3.       Aktifkan Fingerprint

Saat ini fingerprint atau kunci sidik jari menjadi salah satu opsi keamanaan yang terbaik. Fitur ini juga dapat kita manfaatkan di WhatsApp agar tidak sembarang orang bisa masuk ke akun kita. Caranya adalah dengan klik “Setelan”, lalu pilih “Akun”. Klik “Privasi” dan pilih “Kunci sidik jari” yang berada di bawah. Aktifkan pilihan “Buka kunci dengan sidik jari” dan lakukan pemindaian.


4.       Instal Ulang WhatsApp

Cara melindungi WhatsApp supaya tidak disadap yang terakhir ialah menginstal ulang WhatsApp. Jika kita membuka WhatsApp, kemudian tiba-tiba ada peringatan yang menyatakan bahwa nomor tidak terdaftar, jangan pernah klik “Oke”. Pasalnya, kemungkinan ada seseorang yang mencoba menyadap akun kita. Namun, jika kita telanjur klik “Oke”, kita bisa menginstal ulang WhatsApp. Cara ini hanya dapat kita lakukan jika nomor yang terdaftar di WhatsApp masih aktif agar bisa menerima kode OTP.

 

               Itulah empat cara melindungi WhatsApp supaya tidak sadap yang sangat mudah dilakukan. Jika WhatsApp kita sudah disadap, sebaiknya langsung nonaktifkan akun saja. Kita bisa mengirim email ke support@whatsapp.com. Pesan yang perlu dikirim cukup dengan kalimat “Hilang/Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya”. Jika dikabulkan oleh pihak WhatsApp, kita mendapatkan kesempatan untuk masuk kembali ke akun dalam jangka waktu 30 hari sebelum dinonaktifkan selamanya.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama