Cara Ampuh Membersihkan Noda Jamur pada Pakaian

 

Cara Ampuh Membersihkan Noda Jamur pada Pakaian

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada pakaian ialah tumbuhnya noda jamur. Jamur yang tumbuh pada pakaian tidak dapat dianggap begitu saja. Adanya jamur tidak hanya akan mengganggu penampilan kamu, tetapi juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang berisiko timbul, antara lain gatal-gatal, alergi, hingga asma kambuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan noda jamur pada pakaian.

 

Lima Cara Membersihkan Noda Jamur pada Pakaian

Sebelum mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda jamur, kamu perlu mengetahui penyebab tumbuhnya noda jamur tersebut. Jamur pada umumnya tumbuh pada area yang kebersihannya kurang terjaga. Jamur juga dapat tumbuh pada area yang lembab, seperti pada pipa, lemari, dan sebagainya. Lemari pakaian yang selalu tertutup rapat sangat mungkin memicu tumbuhnya jamur. Terlebih kalau ada pakaian yang tersimpan dalam keadaan belum 100% kering dan bersih di dalamnya. Jika sudah telanjur seperti itu, lima cara membersihkan noda jamur pada pakaian berikut patut kamu coba.


1.   Larutan Cuka

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk membasmi jamur pada pakaian ialah menggunakan larutan cuka. Kandungan asam yang cukup tinggi pada cuka mampu melawan noda jamur pada pakaian. Jamur dengan jenis tertentu, seperti P. Chysogenum, bisa dibasmi oleh bahan yang tergolong alami ini. Cara membersihkan noda jamur pada pakaian dengan larutan cuka sangatlah sederhana. Pertama, rendam pakaian yang berjamur dalam ember berisi air dan cuka. Kamu membutuhkan seember air dan segelas cuka saja untuk merendamnya. Kedua, kamu bisa menunggu selama semalaman, kemudian mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

 

2.   Lemon

Masih dengan bahan alami, cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan lemon. Layaknya larutan cuka, buah lemon juga mengandung asam yang cukup tinggi sehingga mampu membasmi jamur pada pakaian. Bahkan, kamu tidak perlu merendam baju semalaman seperti menggunakan larutan cuka. Dengan lemon, kamu cukup merendam pakaian dengan air hangat dan air perasan lemon selama 30 menit. Setelah itu, coba mengecek noda jamur pada pakaian, masih tersisa atau sudah tidak ada. Kalau masih tersisa, kamu dapat menggosoknya dengan sikat dan sedikit detergen. Terakhir, cuci pakaian tersebut seperti biasa.

 

3.   Soda Kue

Selain dapat dimanfaatkan untuk memasak, ternyata soda kue juga dinilai ampuh sebagai bahan pembersih noda jamur pada pakaian. Hal itu disebabkan adanya kandungan agen antifungal dalam soda kue yang mampu menghentikan pertumbuhan jamur. Untuk membuat larutan soda kue, kamu cukup melarutkan soda kue dengan air secukupnya. Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan larutan tadi ke noda jamur yang ada. Setelah 15 menit, kamu dapat menggosoknya dengan sikat secara perlahan. Kemudian, kamu dapat membilas atau pun merendamnya dengan air sebelum mencucinya seperti biasa.

 

4.   Obat Kumur

Siapa yang menyangka obat kumur rupanya mampu membasmi pertumbuhan jamur. Pasalnya, obat kumur juga mengandung antijamur yang dapat membersihkan jenis jamur tertentu. Cara untuk membersihkan jamur pada pakaian dengan obat kumur ialah melarutkan obat kumur dengan air. Kedua, pakaian tersebut perlu direndam kurang lebih 15-30 menit. Kalau noda jamur makin pudar, kamu dapat menggosoknya dengan sikat dan detergen. Terakhir, cuci pakaian tersebut seperti biasa.

 

5.   Pemutih

Bahan kelima yang dapat membersihkan noda jamur pada pakaian adalah pemutih. Meskipun dapat dipastikan berhasil, tetapi kamu disarankan untuk menggunakan pemutih pada pakaian berwarna tertentu saja, seperti warna putih. Kalau untuk pakaian jenis lainnya, kamu dapat menggunakan salah satu dari empat bahan sebelumnya. Pemutih memang dapat dikatakan yang paling ampuh dalam membersihkan jamur. Bahkan, tidak hanya noda jamur pada pakaian saja yang dapat dibasmi dengan pemutih. Kamu juga dapat memanfaatkanya untuk menghentikan pertumbuhan jamur pada benda lain, mulai dari area bekas banjir, lantai, tembok, dan sebagainya.

 

Nah, itulah lima cara membersihkan noda jamur pada pakaian yang dapat kamu coba. Kamu dapat mempertimbangkan bahan alami karena tidak merusak baju. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan yang lain apabila noda jamur sulit dihilangkan.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama