Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Alasan Banyak Miliarder yang Justru Memilih Hidup Sederhana

 

Ini Alasan Banyak Miliarder yang Justru Memilih Hidup Sederhana

Pernahkah kamu merasa heran mengapa ada banyak miliarder yang justru memilih hidup sederhana? Padahal, seorang miliarder tentu dapat membelanjakan uang yang dimiliki untuk mendapatkan barang-barang termahal yang pernah ada. Seorang miliarder pun sangat bisa membangun istana megah sebagai tempat tinggalnya. 

Akan tetapi, mengapa seorang miliarder seperti Mark Zuckerberg tak melakukannya? Sampai saat ini, pendiri Facebook tersebut justru kerap tampil dengan pakaian yang sederhana. Tak hanya Mark Zuckerberg, masih banyak miliarder lain yang juga jauh dari hidup glamour. Apa alasan dibaliknya? Simak artikel ini sampai akhir.

 

Tiga Alasan Miliarder Lebih Memilih Hidup Sederhana

Alasan para miliarder terkaya dunia yang hidup sederhana sangat menarik untuk dikulik. Hal itu pernah coba dibongkar oleh Thomas Stanley, seorang penulis buku “The Millionaire Next Door. Stanley yang juga seorang dosen di University of Georgia ini mengungkap setidaknya ada tiga alasan dibalik kesederhanaan hidup para miliarder dunia.


1.     Lahir dari Keluarga yang Sederhana

Kamu pasti sudah sering mendengar cerita bagaimana para miliarder berada pada titik kesuksesan saat ini. Tak jarang orang-orang sukses justru berasal dari keluarga yang sederhana. Pernah merasakan pahitnya kekurangan menjadikan tekad mereka makin bulat untuk meraih kesuksesan. Ketika sudah berhasil meraihnya, mereka tetap mempertahankan prinsip kesederhanaan. 

Pasalnya, prinsip tersebut telah melekat sejak mereka masih kecil. Hal itu juga menunjukkan keberhasilan orang tua mereka dalam menanamkan prinsip bijak membelanjakan uang.


2.     Memahami Arti Kekayaan

Para miliarder yang hidup sederhana paham betul arti kekayaan. Mereka menilai bahwa apa yang mereka saat ini bisa saja hilang dalam sekejap jika tidak pandai mengelolanya. Hal itulah yang kemudian mendorong para miliarder lebih memilih berinvestasi sebanyak-banyaknya. Dengan berinvestasi, uang tersebut yang akan bekerja untuk mereka. 

Artinya, potensi untuk menggandakan uang sangatlah besar adanya. Hal itu tentu jauh lebih bijak daripada berfoya-foya untuk membeli barang-barang dengan brand ternama. Padahal, kalau mereka mau, mereka bisa saja mendapatkan barang termewah sekali pun saat itu juga.


3.     Adanya Pengaruh dari Pekerjaan

Stanley menilai bahwa para miliarder yang memilih jauh dari hidup glamour dipengaruhi oleh pekerjaan yang mereka jalani. Orang-orang kaya tersebut kebanyakan berasal dari lingkungan pekerjaan yang tidak menuntut mereka untuk selalu tampil mewah. 

Para miliarder ini biasanya merupakan seorang pebisnis, insinyur, atau pun pendidik. Halnya berbeda dengan para miliarder yang berasal dari kalangan selebritas hingga lawyer yang menuntut mereka untuk berpenamilan menarik. Tak ayal orang-orang kaya dari kalangan ini tidak ragu mengeluarkan banyak uang demi memenuhi kebutuhannya.

 

Sebagai tambahan, alasan lain yang mendorong miliarder cenderung memilih hidup sederhana ialah kebiasaan berbagi kepada sesama. Mereka menganggap dari kekayaan yang dimiliki, ada hak orang lain di dalamnya. Ada banyak orang yang jauh lebih membutuhkan pertolongan dari para miliarder. 

Dengan kebiasaan berbagi, orang-orang kaya menjadi lebih rendah hati dan tak gengsi untuk berbaur dengan orang dari berbagai kalangan. Hal itu juga yang membuat mereka bisa melupakan hingar bingar kehidupan. Pasalnya, masih banyak orang yang membutuhkan uluran tangan mereka dibandingkan menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Dari kesederhanaan hidup para miliarder, kita belajar bahwa kekayaan bukanlah segalanya. Dengan uang memang kita bisa mendapatkan segalanya, tetapi hal itu hanya akan membuat kita semakin merasa tidak puas. Halnya berbeda kalau kita berbagi, kita akan menjadi orang-orang yang mudah bersyukur.


 


Posting Komentar untuk "Ini Alasan Banyak Miliarder yang Justru Memilih Hidup Sederhana"