Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Psikotest Online Adalah Jenis Psikotest yang Populer Saat ini dan Ini Seputarnya

 

Psikotest Online Adalah Jenis Psikotest yang Populer Saat ini dan Ini Seputarnya

Psikotest atau tes psikologi umumnya dilakukan saat mendaftar pekerjaan. Test ini bisa dilaksanakan secara online maupun offline. Cara melakukan psikotest online adalah menggunakan platform media online tertentu dan bisa dilakukan dimanapun, tidak harus ditempat khusus.

Tes ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu atau HRD dari perusahaan tertentu. Psikotest digunakan sebagai tolak ukur apakah orang tersebut bisa diterima sebagai karywan atau tidak. Berikut ini ulasan mengenai psikotest yang lebih lengkap.

Pengertian

Psikotest merupakan test psikolgi yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal permasalahan, kemampuan, dan perilaku psikologis. Hasil dari test tersebut bsia digunakan sebagai prediksi mengenai kekurangan serta kelebihan orang tersebut.

Test ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah prosedur dengan tujuan mengetahui potensi dan mengukur perilaku individu. Psikotest sendiri bisa dipakai dalam berbagai konteks serta kebutuhan. Pada saat rekrutment pekerjaan, psikotest dipakai untuk mengukur kemampuan serta potensi calon karyawan.

Jenis Psikotest

Psikotest sendiri ada bermacam-macam jenisnya secara umum, tergantung dengan kebutuhan. Sedangkan salah satu tipe yang paling umum adalah psikotets karyawan. Jenis test yang biasanya digunakan dalam rekrutment pekerjaan ini antara lain sebagai berikut.

  •    Tes Potensi

Test ini disebut juga asesmen potensi, yang biasanya digunakan HRD untuk mengentahui kemampuan serta pengetahuan seseorang. Kedua aspek tersebut bisa diketahui melalui bentuk perilaku, apakah kompeten dengan pekerjaan yang dibutuhkan ataukah tidak.

Tes potensi berbeda-beda antara lembaga satu dengan lembaga lainnya. Aspek yang diukur dalam tes ini bisa berupa teamwork, kepemimpinan, dan komunikasi yang termasuk dalam kemampuan soft skill seseorang. Ada juga yang fokus pada aspek tertentu saja.

  •    Tes Motivasi serta Nilai Kerja

Tes motivasi dan nilai kerja digunakan untuk mengetahui keyakinan serta nilai-nilai seseorang dalam bekerja. Hal tersebut merupakan prinsip yang nantinya akan memberikan motivasi serta dorongan dalam melakukan pekerjaan.

Tes ini digunakan HR untuk mengetahui apakah prinsip kandidat tersebut sudah sesuai dengan posisinya pada perusahaan tersebut atau tidak. Tes motivasi bisa digunakan untuk mengetahui apakah kandidat akan termotivasi dalam melakukan tesnya atau tidak.

Tipe pengerjaan tes motivasi dan nilai kerja berbeda dengan psikotest lainnya. Jika tes lainnya menggunakan pilihan ganda, maka tes ini meminta pesertanya melakukan penilaian yang sesuai dengan diri mereka.

  •     Tes Kepribadian

Tes personality adalah tes yang digunakan untuk memberikan gambaran atau penilaian mengenai kecenderungan sikap seseorang dalam berperilaku dan bereaksi. Tepatnya adalah perilaku dan reaksi yang dinilai baik pada keseharian atau merujuk konteks tertentu.

Tes ini tidak mempunyai jawaban yang salah atau benar, karena pada dasarnya kepribadian seseorang berbeda-beda. Karakteristik pekerjaan menjadi tolak ukur untuk menentukan kecocokan kepribadian seseorang dengan pekerjaan tersebut.

  •        Tes Kemampuan Kognitif

Jenis test yang cukup sering diadakan termasuk pada psikotest online adalah tes bakat. Tes ini dipakai sebagai tolak ukur kemampuan kognitif seseorang yang berkaitan dengan pekerjaan.

Contoh kemampuan kognitif yang dibutuhkan di sini seperti logika, kemampuan mengingat, analisa, persepsi, dan memperhatikan detail. Tes kemampuan kognitif bentuknya adalah pilihan ganda. Contoh tes ini seperti kemampuan spasial, numerik, nalar deduktif, serta induktif.

Tips Mengadakan Psikotes Online Bagi Perusahaan

Beberapa perusahan biasanya memilih melakukan psikotes online dengan pertimbangan tertentu. Berikut ini tips mengadakan psikotes online agar sesuai dengan kebutuhan.

  •          Pilih Alat Ukur yang Sesuai

Alat ukur yang relevan merupakan pertimbangan utama dalam memilih psikotes online. Skill yang perlu diukur melalui test tersebut, tentunya harus relevan dengan konteks pekerjaan.

  •        Alat Ukur Harus Valid dan Reliabel

Tips selanjutnya dalam mengadakan psikotes online adalah, alat ukur yang dipakai harus valid dan reliabel. Validitas diperlukan untuk kecermatan pengukuran, dan reliabilitas dibutuhkan untuk konsisten hasil ukur.

  •        Gunakan Platform yang Mudah dan Meminimalisir Kecurangan

Gunakan platform yang mudah pengoperasiannya, supaya peserta bisa mengerjakan test dengan baik. Jangan lupa memastikan platform yang dipakai bisa mengurangi kemungkinan peserta melakukan kecurangan saat tes.


Posting Komentar untuk "Psikotest Online Adalah Jenis Psikotest yang Populer Saat ini dan Ini Seputarnya"