Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meterai Digital (E-Meterai) Sudah Dapat dibeli Dan Digunakan

 

Meterai Digital (E-Meterai) Sudah Dapat dibeli Dan Digunakan
      pos.e-meterai.co.id

Tentu kita semua sudah mengenal meterai, meterai digital sebetulnya juga berfungsi sama. Meterai digital bisa digunakan dalam sebuah dokumen yang memberi tanda bahwa dokumen tersebut ialah dokumen resmi. Kita dapat menggunakan meterai ini dalam beberapa kebutuhan seperti dokumen surat lamaran kerja, permohonan cetak ulang buku tabungan dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan penggunaan e-Meterai yang dirilis pemerintah? Pernahkah kita memakai contoh meterai digital ini? Kalau belum mari simak penjelasan di bawah ini.

Tentang e-Meterai

e-Meterai bisa juga disebut dengan meterai digital adalah bea materai terbaru yang diterbitkan oleh pemerintah RI pada tahun 2020 lalu melalui Undang-Undang No.10 tahun 2020. Penerbitan meterai ini digunakan agar masyarakat mudah dalam meresmikan dokumen yang sifatnya digital. Selain itu, penerbitan meterai ini juga demi mencegah banyaknya dokumen pemalsuan.

Dengan adanya meterai ini dalam sebuah dokumen dapat menjadi bukti bahwa dokumen ini ialah dokumen resmi sebab terkena pajak bea materai.  Ide untuk meterai ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Contohnya meterai digital yang pernah ada sebelum tahun 2020 ialah meterai digital yang dibuat oleh mesin Neopost CS-200 dari PT. Datascrip. Namun, karena harus membeli mesin tersebut, maka hanya cocok untuk perusahaan dan kurang cocok untuk masyarakat umum yang notabene tidak sering menggunakan meterai.

Jalur Distribusi Penjualan e-Meterai

Rencananya, pemerintah RI akan mendistribusikan meterai digital ini dalam beberapa jalur distribusi berikut:

  • Saluran Elektronik Host to Host (H2H)

Dengan jalur distribusi ini, meterai digital langsung tertempel pada dokumen yang sudah terhubung dengan sebuah sistem elektronik yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

  • Saluran Elektronik Yang Terhubung Dengan Dompet Digital

Dokumen kita nanti juga dapat ditera meterai melalui saluran elektronik yang terhubung dengan dompet digital yang Anda miliki. Dengan demikian kita juga bisa secara langsung membayar bea materai tersebut dengan membayar melalui dompet digital Anda.

  • Melalui Merchant

Anda bisa memperoleh meterai ini untuk dokumen Anda di merchant-merchant tertentu yang telah ditunjuk oleh pemerintah serta memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai untuk memberikan meterai digital ataupun meterai tempel.

  • Melalui Saluran POS (Point of Sales)

Setiap dokumen yang terhubung dengan sistem ini dan memenuhi kriteria tertentu akan secara otomatis ditera (diberi) meterai digital.

Namun sekarang anda dapat langsung ke https://pos.e-meterai.co.id/  tentunya harus login dahulu baru bisa beli kemudian.Setelah itu, maka sistem akan mengirim nomor OTP ke telepon genggam pengguna lewat SMS untuk proses validasi. Nomor OTP tersebut tinggal dimasukkan di kolom khusus yang sudah disediakan.

Setelah masuk ke dalam portal, bakal muncul dua pilihan menu, yaitu PEMBELIAN dan PEMBUBUHAN. Pengguna baru harus memberi meterai elektronik terlebih dahulu seharga Rp10 ribu dengan cara masuk ke menu PEMBELIAN.Setelah selesai, lanjut ke menu PEMBUBUHAN yang akan memberi petunjuk dalam lima tahapan. Kelimanya yaitu upload, pilih posisi, isi PIN, pembubuhan, dan download.

  1. Pembeli harus mengisi kelengkapan identitas seperti tanggal, nomor, tipe. Untuk tipe  ini menyangkut jenis dari dokumen tersebut. Apakah surat perjanjian, akta notaris, akta pejabat, surat berharga, dokumen transaksi, sampai dokumen lelang.

  2. Kita dapat langsung mengunggah softcopy dokumen dalam format PDF. Saat dokumen tersebut muncul di portal, pengguna bisa melihat langsung meterai elektronik yang bakal digunakan.

  3. Pengguna dapat memindahkan meterai elektronik tersebut dan menempatkannya di posisi yang seharusnya di dokumen. Lalu di bagian bawah, pengguna bisa memilih menu BUBUHKAN E-METERAI, lalu memilih menu YES.

  4. Setelah memilih menu Yes, maka akan tampil kotak berjudul pembuatan PIN. pengguna bisa memasukkan 5 digit PIN yang diinginkan, lalu tulis ulang PIN tersebut untuk di konfirmasi.

  5. Akan muncul menu unduh dan pengguna langsung bisa mengunduh dokumen tersebut. Meterai ini berbentuk persegi seperti meterai fisik pada umumnya. Meterai ini mempunyai merah muda. Di bagian luar, ada item atau kode unik seperti yang ada di barcode.

Dengan adanya meterai digital ini penerapan fungsi pajak dan manfaat perpajakan di Indonesia dapat lebih mudah dan dapat mengikuti perkembangan jaman. Harapan kita dengan adanya meterai ini, masyarakat umum tidak perlu repot mencetak dokumen lalu mengunggahnya kembali setelah diberi meterai ini. Tentunya dengan adanya e-Materai makin mudah para pebisnis untuk bertransaksi secara digital.

Posting Komentar untuk "Meterai Digital (E-Meterai) Sudah Dapat dibeli Dan Digunakan"