Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mendidik Anak yang Hendak Menginjak Dewasa

 

5 Tips Mendidik Anak yang Hendak Menginjak Dewasa

     Sebagai orang tua, anak merupakan salah satu titipan yang harus dijaga dan dididik dengan baik. Biasanya usia dewasa untuk anak dimulai ketika anak berusia diatas 17 tahun dan pada masa inilah anak akan mengalami masa pubertas baik laki-laki maupun perempuan. Anak yang menuju dewasa juga cenderung masih labil atau emosinya belum stabil. Maka dari itu tugas orang tua membimbing dan mensupport apapun kegiatan anak apabila hal itu positif. Orang tua juga dapat membebaskan anak dalam mengekspresikan dirinya namun tetap dalam kontrol orang tua. Dengan kamu membebaskan anak dalam mengekspresikan dirinya, anak akan dapat belajar mengambil keputusan ketika dihadapkan dengan masalah dan anak pun anak menjadi mandiri. Nah ini tips gimana sih cara mendidik anak yang hendak menginjak dewasa yaitu :

  1. Ngobrol Secara Dua Arah

5 Tips Mendidik Anak yang Hendak Menginjak Dewasa
Thinkstock.com

Tips yang pertama yang dapat orang tua lakukan untuk mendidik anak yang hendak menginjak dewasa adalah dengan ngobrol secara dua arah kepada anak. Mengapa dua arah? karena kita sebagai orang tua tidak setiap hal selalu benar begitupula anak tentunya segala hal yang dilakukan anak juga belum tentu benar. Agar keduanya menemukan suatu jalan tengah dan keduanya saling mengerti satu sama lain maka dari itu sangat diperlukan mengobrol atau berbincang dengan dua arah.

    2.    Bersikap Seperti Teman Terhadap Anak

5 Tips Mendidik Anak yang Hendak Menginjak Dewasa

Tips selanjutnya yaitu jadikanlah atau bersikaplah orangtua sebagai layaknya teman terhadap anak. Biasanya anak yang mulai dewasa, mereka senang bermain dengan teman, tidak senang dirumah dan sering menghabiskan waktunya di luar bersama teman-temannya terkadang situasi seperti ini membuat peran orang tua akan berkurang. Maka dari itu jika orang tua tidak ingin kehilangan momen bersama anak maka cobalah menjadi seperti layaknya teman.

  1. Kenali Teman-Teman Anak

Tips selanjutnya yaitu orang tua harus mengenali siapa teman-teman anak kamu. Mengapa demikian ? Karena ketika orang tua mengetahui siapa saja teman anak tentu orang tua dapat mengontrol dan tetap menjaga anak dalam pergaulannya agar tidak salah dalam memilih teman. Jangan sampai anak salah pergaulan dan akhirnya terjebak dalam pergaulan yang bebas dan akan menimbulkan dampak yang negatif untuk kedepannya.

  1. Ajari Anak dengan Setiap Resiko 

Tips selanjutnya yaitu tips yang penting untuk kamu sebagai orangtua dalam mendidik anak yaitu ajari anak dengan setiap resiko. Mengapa penting?? Tentu saja, anak yang akan menginjak dewasa pasti anak dihadapkan dengan persoalan-persoalan. Jadi orang tua hanya dapat mendukung dari setiap keputusan yang diambil oleh anak agar mengambil keputusan yang terbaik. 

  1. Tetap Mengatur Anak

Ketika anak sudah mulai menuju dewasa bukan berarti orangtua tidak dapat mengatur seorang anak. Tentu saja tetap mengaturnya hanya saja cara mengaturnya sangat berbeda ketika anak masih kecil dengan anak sudah mulai dewasa. Orang tua juga jangan mengatur anak secara berlebihan karena akan mengakibatkan anak akan memberontak dan trauma. Untuk itu mengatur anak tentu saja memang perlu namun harus tetap berhati-hati karena anak yang menuju dewasa akan lebih sensitif.

     Nah itu dari 5 tips yang dapat orang tua dapat lakukan untuk mendidik anak yang hendak menuju dewasa. Karena anak yang menuju dewasa akan cenderung lebih sensitif dan masih labil maka orang tua tentu harus sigap dan lebih ekstra dalam membimbing dan menjaganya. 


Posting Komentar untuk "5 Tips Mendidik Anak yang Hendak Menginjak Dewasa"