Menumbuhkan Semangat dalam Bekerja

Menumbuhkan Semangat dalam Bekerja

Semangat di tempat kerja adalah hasil dari menemukan makna dan tujuan di luar kebutuhan sendiri di tempat kerja, termasuk hubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Dimensi spiritual ke tempat kerja ini telah dikaitkan dengan kepuasan karyawan dan komitmen organisasional yang lebih besar. Meskipun gagasan membawa spiritualitas ke tempat kerja mungkin terdengar seperti tren dalam pakaian Zaman Baru, sebenarnya ini adalah bagian dari percakapan berkelanjutan tentang apa artinya bagi orang untuk merasa terstimulasi dan tertantang oleh pekerjaan mereka.

Membicarakan “spirit” dalam konteks pekerjaan terasa riskan dan janggal bagi banyak orang, apalagi dalam lingkungan bisnis. Namun demikian, perusahaan di seluruh negeri mulai mengatasi ketidaknyamanan ini dan mempertimbangkan bagaimana mereka dapat menanggapi kerinduan pekerja yang lebih dalam untuk pekerjaan mereka.

Di dunia di mana kepuasan kerja mencapai rekor terendah, tidak mengherankan jika beberapa karyawan mencari lebih banyak dari karir mereka daripada gaji dan hari libur. Banyak strategi yang digunakan perusahaan untuk mendorong keterlibatan karyawan melibatkan mempromosikan pengalaman kerja yang lebih positif, seperti menciptakan lingkungan fisik yang mendukung dan mendorong kerja sama tim. Meskipun ini penting, manajer juga harus mempertimbangkan bagaimana mereka dapat mendorong pekerja untuk merasa lebih terhubung dengan gambaran yang lebih besar.

Secara tradisional, konsep roh adalah salah satu agama, dengan beberapa percaya bahwa roh kontak adalah tindakan suci. Namun, bagi yang lain, pekerjaan roh dapat mengambil berbagai bentuk dan bahkan dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan jiwa sehari-hari. Pekerjaan roh dapat menjadi bentuk meditasi, cara untuk terhubung dengan alam, atau bahkan praktik yang mencakup pengembangan medium dan psikis.

Menumbuhkan semangat di tempat kerja adalah tugas yang menantang, tetapi dapat bermanfaat baik bagi individu maupun organisasi. Bagi individu, kunci untuk menumbuhkan semangat di tempat kerja adalah berfokus pada perasaan sejahtera, keyakinan bahwa pekerjaan mereka membuat perbedaan, dan rasa hubungan sosial dan pribadi dengan rekan kerja. Untuk bisnis, tujuannya adalah untuk menciptakan budaya dukungan, kepercayaan, pengakuan, dan inovasi yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas.

Cara yang baik untuk menumbuhkan semangat dalam bekerja adalah dengan menjadi go-giver, yaitu prinsip memberi kembali kepada mereka yang kurang beruntung dari diri Anda sendiri. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari menyumbang untuk amal hingga membantu rekan kerja yang membutuhkan. Cara lain untuk mempromosikan semangat tim adalah dengan mengenali anggota organisasi Anda yang tidak selalu mendapat sorotan, seperti staf klerikal atau tim administrasi. Ini adalah cara yang efektif untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa kontribusi mereka kepada perusahaan dihargai dan penting untuk keberhasilannya. Dengan menunjukkan kepada kolega Anda bahwa Anda peduli, mereka akan membalas budi dan membantu membangun semangat dalam organisasi Anda. Hasilnya adalah tenaga kerja yang bahagia dan puas yang berkomitmen pada misi organisasi. by: sediaqq online